Subscribe:

Selasa, 16 Oktober 2012

Resume Pengembangan Diri

Posting pertama, saya akan berbagi salah satu tugas resume artikel, tugas dari dosen saya, salah satu pakar psikologi yang sangat menginspirasi Bpk Hery Wibowo, cek artikel nya di www.pojokjayna.com yaa.


Ridha Ranailla
220110120121

Resume Artikel-artikel Pengembangan Diri
Pengembangan diri merupakan hal penting yang perlu di pelajari setiap orang, semua profesi, dan semua orang yang ingin mencapai kesuksesan dan kebahagiaan didalam hidupnya. Termasuk profesi perawat sangat perlu mengembangkan dirinya agar bisa memberikan pengaruh positif kepada orang-orang yang berada disekelilingnya. Perawat merupakan profesi yang berhubungan langsung dengan manusia. Tidak seperti engineer dengan mesin, ahli software dengan komputer, dan sebgainya. Mereka juga sebenarnya berintraksi dengan manusia akan tetapi intensitasnya tidak sebesar perawat. Sebagai perawat kita dituntut untuk memberikan asuhan holistik (asuhan menyeluruh) kepada pasien, bagaimana seorang perawat dapat memberikan asuhan tersebut tanpa mengembangkan dirinya terlebih dahulu? Oleh karena itu pengembangan diri merupakan salah satu hal yang sangat penting, dan mutlak harus dipelajari kami sebagai calon perawat professional.
Beberapa hal utama yang diangkat pada artikel ini sangat berhubungan satu sama lain, seakan memiliki benang merah  yang jika kita lakukan akan memberikan dampak yang positif bagi kehidupan kita. Dapat dirangkum sebagai berikut:
Pengembangan Diri kita sebagai remaja yang menuju tahap Kedewasaan dapat ditunjukan dalam perbaikan sistem Belajar yang lebih baik dalam jenjang Pendidikan yang lebih tinggi ini, tidak hanya itu sebagai manusia dewasa kita juga harus mampu menentukan Keputusan yang menentukan Tujuan dan belajar untuk menghapuskan segala pikiran negative dan digantikan oleh Positive feeling juga Berpikir Apresiatif, jika itu semua sudah dilakukan maka Dunia Kita akan penuh dengan Kebahagiaan dan Altruisme (berbuat baik terhadap orang lain).
Kedewasaan merupakan tahap yang akan dilalui oleh setiap orang, dapat disimpulkan bahwa dewasa adalah ketika orang memiliki ‘kebenasan yang bertanggung jawab’ merasa mempunyai kebebasan untuk melakukan pilihan dan tindakan, tapi siap untuk bertanggung jawab apapun konsekuensi yang akan datang. Oleh karena itu kedewasaan juga ditinjau dari kemampuan orang untuk menerima realitas, semua yang terjadi dalam kehidupan yang sebenarnya. Menjadikan segala sesuatu yang terjadi sebagai suatu pembelajaran yang dapat diambil sisi positifnya, karena hidup untuk belajar. Hidup untuk belajar, tidak hanya pembelajaran dikelas, pengalaman dan kehidupan merupakan pembelajaran yang sangat penting pula.
Berpikir positif, mungkin sangat sulit dilakukan, mengapa? Karena terkadang banyak hal negative yang mengahantui pikiran kita. Tapi itu tergantung pada keputusan yang kita buat, jika kita memutuskan untuk terpengaruh dengan ketakutan-ketakutan kita maka kita tidak akan berkembang dan pengembangan diri ini tidak akan berpengaruh untuk kita. Mari kita putuskan hal yang lebih memberi dampak yang baik kepada hidup kita dengan mulai untuk berpikiran positive. Karena jika kita berpikir positive untuk apa yang akan terjadi dimasa depan kita maka kita akan terpacu untuk mencapai hal itu dan pada akhirnya hal positive itu akan terjadi, seperti kata Pak Hery Wibowo, kita akan menjadi apa yang kita sering pikirkan. Jangan lupa disertai dengan keikhlasan dalam menjalani setiap pekerjaan karena apabila kita menjalani segala hal dengan ikhlas maka akan datang hal yang baik pula pada kita.
Sebagai calon perawat dimasa depan banyak hal yang perlu kita pupuk dari mulai saat ini agar pada saat kita menjadi perawat semua hal itu akan tumbuh subur dan membuat kita menjadi perawat yang professional dan dapat memberi kontribusi positive bagi bangsa dan negara. Salah satunya adalah sikap Caring dan Altruisme. Perawat merupakan salah satu profesi yang sangat sulit, karena diharuskan untuk sabar dan cekatan, mendahulukan kepentingan pasien daripada kepentingan pribadi. Altruisme, membahagiakan orang lain dengan berbuat hal baik terhadap orang lain. Memberi lebih membahagiaakan daripada menerima, pada saat memberi kita merasa bahagia yang berlipat ganda karena berhasil melakukan hal baik kepada orang lain, dan bahagia melihat orang lain bahagia karena kita. Melihat orang lain bahagia karena kita, merupakan hal yang sangat indah. Oleh karena itu jangan pernah merasa rugi karena terlalu banyak memberi.
Pengembangan diri yang baik akan membuat dunia kita lebih baik dan dipenuhi hal-hal yang positive. Gabungkan semua segala hal yang diutarakan diatas, sangkut paut kan segalanya. Tidak ada hal yang merugikan bila kita melakukan sesuatu dengan ikhlas dan bertujuan baik. ‘Hidup kita adalah cermin tindakan kita’ lakukanlah hal yang baik dengan berpkir positif dan apresiatif dalam segala hal, baik itu pendidikan, kehidupan pribadi, keluarga, pekerjaan, dan semuanya, maka hidup akan membalikan semua pikiran baik itu menjadi kenyataan. Jangan lupa keikhlasan dan kerja keras, karena tanpa dua hal itu, semua akan menjadi sia-sia.

0 komentar:

Posting Komentar